Minggu, 27 Mei 2012

AFaktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar A. Faktor internal 1. Faktor biologis ( jasmaniah) Keadaan jasmani yang perlu diperhatikan: a. kondisi fisik yang normal atau tidak memiliki cacat sejak dalam kandungan sampai sesudah lahir ,kondisi fisik normal ini terutama harus meliuti keadaan otak,panca indra,anggota tubuh, b. kondisi kesehatan fisik ,kondisi fisik yang sehat dan segar sangat mempengaruhi keberhasilan dalam belajar ,di dalam menjaga kesehatan fisik ada beberapa hal yang perlu di perhatikan anatara lain; pola makan dan minum yang teratur,orah raga serta istirahat (tidur ) yang cukup. 2. faktor psikologis faktor psikologis yang mempengaruhi berhasilan dalam belajar ini meliputi segala hal yang berkaitan dengan kondisi mental seseorang.kondisi mental yang dapat menunjang keberhasilan belajar adalah kondisi mental yang mantap dan stabil. Faktor psikologis ini meliputi beberapa hal berikut: a. intelegensi intelegensi atau tingkat kecerdasan dasar seseorang memang berpengaruh besar terhadap keberhasilan belajar seseorang. b. Kemauan Kemauan dapat dikatakan faktor utama penentu keberhasilan belajar seseorang. c. Bakat Bakat ini bukan menentukan mampu tidanya seseorang di dalam suatu bidang,melainkan lebih banyak menentukan tinggi rendahnya kemampuan seseorang dalam suatu bidang B. Faktor eksternal 1. Faktor lingkungan keluarga Faktor lingkungan rumah atau keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama pula dalam mementukan keberhasilan belajar seseorang.suasana lingkungan rumah yang cukup tenang,adanya perhatian orang tua terhadap perkembangan proses belajar dan pendidikan anak-anaknya maka akan mempengaruhi keberhasilan belajarnya. 2. Faktor lingkungan sekolah Lingkungan sekolah sangat di perlukan untuk menentukan keberhaslan belajar siswa.hal yang paling mempengaruhi keberhasilan belajar para siswa di sekolah mencakup metode mengajar,kurikulum,relasi,guru dengan siswa,relasi siswa dengan siswa,pelajaran,waktu sekolah,tata tertib atau disiplin yang ditegakan secara konsekuen dan konsisten. 3. Faktor lingkungan masyarakat Seorang siswa hendaknya dapat memilih lingkungan masyarakat yang dapat menunjang keberhasilan belajar. Masyarakat merupakan faktor ekstern yang juga berpengaruh terhadap belajar siswa karena keberadaannya dalam masyarakat.lingkungan yang dapat menunjang keberhasilan belajar di antaranya adalah ,lembaga-lembaga pendidikan nonformal,seperti kursus bahasa asing,bimbingan tes,private,pengajian remaja,dan lain-lain. FAKTOR- FAKTOR PENUNJANG KEGAGALAN DALAM BELAJAR Faktor- faktor penunjang kegagalan dalam belajar Ada berbagai macam faktor penunjang kegagalan belajar ada siswa,di antaranya: a. Bertambahnya usia Seiring dengan bertambahnya usia,siswa mempunyai pola pikir yang berkembang ,pola pikir yang labil dan stabil,beruntung bagi mereka yang mempunyai pola pikir stabil,mereka masih bisa mengontrol keadaan mereka,tetapi bagi siswa yang mempunyai pola pikir labil mereka tidak bisa mengontrol pola pikir mereka yang masih berkembang,sehingga mereka tdak bisa membedakan antara yang salah dengan yang benar. b. Tumbuhnya rasa suka dan cinta Seiring dengan bertambahnya usia,maka timbul secara perlahan rasa suka dan tertarik kepada lawan jenis,di awali dengan rasa ingin melihatnya ,mendekatinya,dan lama-lama ingin bersama dengannya,apabila rasa ni berkembang tanpa bimbingan yang jelas dari orang tua,maka siswa bisa saja terganggu ketika sedang mengikuti pelajaran ,karena siswa selalu teringat kepada lawan jenisnya itu,pikiran itu mengganggu konsentrasi belajar siswa,mereka tdak focus akan pelajaran yang di sampakan oleh guru mereka,karena pikiran mereka telah terbagi antara pelajaran dengan perhatian terhadap lawan jenisnya. c. Coba-coba Faktor ini yang perlu di waspadai dan mendapat perhatian lebih dari ada orang tua,karena faktor ini dapat bersifat positif ataupun negative, Positifnya, adalah apabila siswa mencoba sesuatu hal yang baru dengan cara yang baik,misalnya: mencoba brermain music secara otodidak,belajar bersama teman-teman secara berkelompok,dan masih banyak lainnya. Negatifnya adalah apabila siswa mencoba melakukan hal baru tanpa di damping dengan ilmu yang pasti,misalnya: mengikuti teman-teman yang bolas sekolah dengan alasan ingin di anggap gaul,berkelahi karena ingin dianggap hebat dan kuat,dan masih banyak lainnya. d. Lingkungan Faktor lingkungan sangat berpengaruh kepada sukses atau tidaknya siswa dalam belajar Lingkungan keluarga adalah lingkungan terdekat dari siswa,apabila siswa telah mendapat motivasi dari keluarga untuk belajar,tapi lingkungan sekitar tidak mendukung,maka kegiatan belajar siswa akan terhambat,misalnya: siswa yang telah di ajarkan tatakrama oleh keluarga,tetapi di lingkungan sekitarnya tidak mendukung tatakrama yang telah di terapkan oleh keluarga,seperti berbicara kasar,tidak menghargai sesama tetangga,selalu mengajak siswa bermain saat siswa akan mulai belajar,sehingga konsentrasi siswa terganggu saat terjun kelingkungan sekirtarnya. Lingkungan sekolah adalah lingkungan yang didalamnya berisi beragam karakter setiap orang yang berkumpul menjadi satu ,ada akarakter yang mendukung dalam proses belajar mengajar,dan ada juga yang malah menghambat proses belajar mengajar siswa,misalnya : guru menyuruh siswa untuk belajar dan mengerjakan tugas selama guru itu rapat,tetapi siswa yang lain malah mengajak siswa itu untuk jajan ke kantin,belanja ke supermarket menjahili teman –teman yang lain,sehingga proses pembelajaran siswa terhambat. e. Faktor diri pribadi Sukses atau tidaknya siswa dalam belajar amat sangat tergantung dar diri pribadi siswa tersebut,karena apabla lingkungan telah mendukung,keluarga,tetangga,teman,bahkan pacar kalau itu juga ada,tetapi siswa itu sendiri malah malas-malasan dalam menuntut ilmu,maka masukan dari sudut manapun tidak akan berdampak besar terhadap sukses atau tidaknya siswa,seperti,mengharapkan ayam gemuk dan di suruh makan ,tetapi ayam tetap tidak mau makan sekalipun telah di beri makanan bernutrisi tinggi,yang bisa membuat ayam gemuk dan sehat,tetapi percuma saja,mau makanan semahal dan sesehat apapun tidak akan berdampak apabila tidak dim akan oleh ayam,jadi,maka dari ada itu,potensi dari diri pribadi adalah faktor yang sangat penting dalam penentuan sukses atau tidaknya siswa dalam meraih prestasi belajar,maka dari pada itu,kita sebagai siswa yang nantinya akan menjadi orang tua juga,harus bisa memanfaatkan potensi,dukungan dan lingkungan yang kita punya,agar kita dapat meraih prestasi yang setnggi-tingginya dan memuaskan,sehingga kita tidak akan menyesal nantinya. MAKALAH FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN DALAM BELAJAR Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah: MPAI Di susun oleh: Mulyadi Andi supriatna Nasan Heriansyah SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH BANDUNG 2010/2011 KATA PENGANTAR Segala puji hanya allah bagi allah kami memuji memohon perlindungan dan pertolongan serta ampunan kepadanya,kami berlindung dari keburukan diri kami nan amal-amal kami ,siapa yang di beri petunjuk oleh allah,maka tidak ada seorangpun yang dapat menyesatkannya,dan siapa yang di sesatkan oleh allah,maka tak seorang pun yang dapat memberi petunjuk padanya,aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain allah,dan aku bersaksi bahwa muhamad adalah hamba dan rosulnya. Shalawat serta salam,semoga senantiasa tercurah kepada panutan umat mulia, nabi muhamad saw. Juga kepada karib kerabat ,para sahabat,dan para pengikutnya yang senatiasa istiqomah berjuang menegakkan syariat islam. Dengan kerendahan hati saya coba untuk mengutip dari berbagai referensi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam belajar yang mana hal itu sangat penting bagi kita untuk mengtahui dan memahami apa-apa saja yang menjadi faktor keberhasilan dan kegagalan dalam belajar Secara etimologi peserta didik adalah anak didik yang mendapat pengajaran ilmu. Secara terminologi peserta didik adalah anak didik atau individu yang mengalami perubahan, perkembangan sehingga masih memerlukan bimbingan dan arahan dalam membentuk kepribadian serta sebagai bagian dari struktural proses pendidikan. Dengan kata lain peserta didik adalah seorang individu yang tengah mengalami fase perkembangan atau pertumbuhan baik dari segi fisik dan mental maupun fikiran. Sebagai individu yang tengah mengalami fase perkembangan, tentu peserta didik tersebut masih banyak memerlukan bantuan, bimbingan dan arahan untuk menuju kesempurnaan. Hal ini dapat dicontohkan ketika seorang peserta didik berada pada usia balita seorang selalu banyak mendapat bantuan dari orang tua ataupun saudara yang lebih tua. Dengan demikina dapat di simpulkan bahwa peserta didik merupakan barang mentah (raw material) yang harus diolah dan bentuk sehingga menjadi suatu produk pendidikan. Namun demikian,saya tetap menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih terdapat kekurangan yang mungkin tidak di sadari.oleh karena itu masukan-masukan yang positif dan berharga diri dari pihak-pihak yang kompeten,sangat saya harapkan. Akhirnya,mudah-mudahan makalah ini dapat memberikan kemudahan bagi para mahasiswa/wi dan para penikmat pembaca lainnya dapat mempelajari dan mengamalkan ilmu yang telah di transfer dan di serap oleh kita semua sebagaimana yang di contohkan oleh nabi muhamad saw.semoga makalah ini dapat menjadi amal jariyah bagi penulis dalam kehidupan yang serba fana ini Amin ya robal alamiin.................... Bandung 20’oktober,2011 Kesimpulan Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam belajar itu terdiri dari beberapa faktor yaitu, faktor internal yang meliputi ; faktor biologis ( jasmaniyah ) dan yang perlu di perhatikan adalah kondsi fisik yang normal atau tidak memilk cacat sejak dalam kandungan sampai sesudah lahir,kondisi fisik ini terutama harus meliputi keadaan otak,panca indra,anggota tubuh,serta kondis kesehatan fsk,konds fisik yang sehat dan segar sangat memengaruhi keberhasilan belajar ,di dalam menjaga kesehatan fsk,ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yaitu,pola amakan dan minum yang teraatur,orah raga ,dan tidur yang cukup.fakor psikologis ini meliputi segala hal yang berkaitan dengan kondisi mental seseorang,kondisi mental yang data menunjang keberhasilan belajar adalah kondisi mental yang mantap dan stabil,faktor ini meliputi bebraa hal yaitu intelegensi (tingkat kecerdasan dasar) ,kemauan yang keras,bakat(skill),yang kedua faktor eksternal yang meliputi: faktor lingkungan keluarga,faktor lingkungan sekolah,faktor lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor-faktor penunjang kegagalan dalam belajar ada berbaga macam faktor enunjang kegagalan belajar pada siswa,diantaranya adalah bertambahnya usia,tumbuhnya rasa suka dan cinta,coba-coba,lingkungan,faktor diri pribadi. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut di harapkan dapat meningkatkan hasil belajar seseorang dan dapat mencegah siswa dari penyebab-penyebab terhambatnya pembelajaran. Daftar pustaka Thursan hakim,belajar secara efektif ( Jakarta : puspa swara,2005)H.12 Slameto,belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya ( Jakarta : Rineka cipta,2003)H.64 MPAI


Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar
A.     Faktor internal
1.       Faktor biologis ( jasmaniah)
Keadaan jasmani yang perlu diperhatikan:
a.       kondisi fisik yang normal atau tidak memiliki cacat sejak dalam kandungan sampai sesudah lahir ,kondisi fisik normal ini terutama harus meliuti keadaan otak,panca indra,anggota tubuh,
b.       kondisi kesehatan fisik ,kondisi fisik yang  sehat dan segar sangat mempengaruhi keberhasilan dalam belajar ,di dalam menjaga kesehatan fisik ada beberapa hal yang perlu di perhatikan anatara lain; pola makan dan minum yang teratur,orah raga serta istirahat (tidur ) yang cukup.
2.       faktor psikologis
faktor psikologis yang mempengaruhi berhasilan dalam belajar ini meliputi segala hal yang berkaitan dengan kondisi mental seseorang.kondisi mental yang dapat menunjang keberhasilan belajar adalah kondisi mental yang mantap dan stabil. Faktor psikologis ini meliputi beberapa hal berikut:
a.       intelegensi
intelegensi atau tingkat kecerdasan dasar seseorang memang berpengaruh besar terhadap keberhasilan belajar seseorang.
b.       Kemauan
Kemauan dapat dikatakan  faktor utama penentu keberhasilan belajar seseorang.
c.       Bakat
                          Bakat ini bukan menentukan mampu tidanya seseorang di dalam suatu bidang,melainkan lebih banyak menentukan tinggi rendahnya kemampuan seseorang dalam suatu bidang   
B.     Faktor eksternal
1.       Faktor lingkungan keluarga
Faktor lingkungan rumah atau keluarga  merupakan lingkungan pertama dan utama pula dalam mementukan keberhasilan belajar seseorang.suasana lingkungan rumah yang cukup tenang,adanya perhatian orang tua terhadap perkembangan proses belajar dan pendidikan anak-anaknya maka akan mempengaruhi  keberhasilan belajarnya.
2.       Faktor lingkungan sekolah
Lingkungan sekolah sangat di perlukan untuk menentukan keberhaslan belajar siswa.hal yang paling mempengaruhi keberhasilan belajar para siswa di sekolah mencakup metode mengajar,kurikulum,relasi,guru dengan siswa,relasi siswa dengan siswa,pelajaran,waktu sekolah,tata tertib atau disiplin yang ditegakan secara konsekuen dan konsisten.
3.       Faktor lingkungan masyarakat
Seorang siswa hendaknya dapat  memilih lingkungan masyarakat yang dapat menunjang keberhasilan belajar. Masyarakat merupakan faktor ekstern yang juga berpengaruh terhadap belajar siswa karena keberadaannya dalam masyarakat.lingkungan yang dapat menunjang keberhasilan belajar di antaranya adalah ,lembaga-lembaga pendidikan nonformal,seperti kursus bahasa asing,bimbingan tes,private,pengajian remaja,dan lain-lain.

FAKTOR- FAKTOR PENUNJANG KEGAGALAN DALAM BELAJAR

Faktor- faktor  penunjang kegagalan dalam belajar
Ada berbagai macam faktor  penunjang kegagalan belajar ada siswa,di antaranya:
a.       Bertambahnya usia
Seiring dengan bertambahnya usia,siswa mempunyai  pola pikir yang berkembang ,pola  pikir yang labil dan stabil,beruntung bagi mereka yang mempunyai pola pikir stabil,mereka masih bisa mengontrol keadaan mereka,tetapi bagi siswa yang mempunyai pola pikir labil mereka tidak bisa mengontrol pola pikir mereka yang masih berkembang,sehingga mereka tdak bisa membedakan antara yang salah dengan yang benar.
b.       Tumbuhnya rasa suka dan cinta
Seiring dengan bertambahnya usia,maka timbul secara perlahan rasa suka dan tertarik kepada lawan jenis,di awali dengan rasa ingin melihatnya ,mendekatinya,dan lama-lama ingin bersama dengannya,apabila rasa ni berkembang tanpa bimbingan yang jelas dari orang tua,maka siswa bisa saja terganggu ketika sedang mengikuti pelajaran ,karena siswa selalu teringat kepada lawan jenisnya itu,pikiran itu mengganggu konsentrasi belajar siswa,mereka tdak focus akan pelajaran yang di sampakan oleh guru mereka,karena pikiran mereka telah terbagi  antara pelajaran dengan perhatian terhadap lawan jenisnya.
c.       Coba-coba
Faktor ini yang perlu di waspadai dan mendapat perhatian lebih dari ada orang tua,karena faktor ini dapat bersifat positif ataupun negative,
Positifnya, adalah apabila siswa mencoba sesuatu hal yang baru dengan cara yang baik,misalnya: mencoba brermain music secara otodidak,belajar bersama teman-teman secara berkelompok,dan masih banyak lainnya.
Negatifnya adalah apabila siswa mencoba melakukan hal baru tanpa di damping dengan ilmu yang pasti,misalnya: mengikuti teman-teman yang bolas sekolah dengan alasan ingin di anggap gaul,berkelahi karena ingin dianggap  hebat dan kuat,dan masih banyak lainnya.
d.       Lingkungan
Faktor lingkungan sangat berpengaruh kepada sukses atau tidaknya siswa dalam belajar
Lingkungan keluarga adalah lingkungan terdekat dari siswa,apabila siswa telah mendapat motivasi dari keluarga untuk belajar,tapi lingkungan sekitar tidak mendukung,maka kegiatan belajar siswa akan terhambat,misalnya: siswa yang telah di ajarkan tatakrama oleh keluarga,tetapi di lingkungan sekitarnya tidak mendukung tatakrama  yang telah di terapkan oleh keluarga,seperti berbicara kasar,tidak menghargai sesama  tetangga,selalu mengajak siswa bermain saat siswa akan mulai belajar,sehingga konsentrasi siswa terganggu saat terjun kelingkungan sekirtarnya.
Lingkungan sekolah adalah lingkungan yang didalamnya berisi beragam karakter setiap  orang yang berkumpul menjadi satu ,ada akarakter yang mendukung dalam proses  belajar mengajar,dan ada juga yang malah menghambat proses belajar mengajar siswa,misalnya : guru menyuruh siswa untuk belajar dan mengerjakan tugas selama guru itu rapat,tetapi siswa yang lain malah mengajak siswa itu untuk jajan ke kantin,belanja ke supermarket menjahili teman –teman yang lain,sehingga proses pembelajaran siswa terhambat.



e.       Faktor diri pribadi
Sukses atau tidaknya siswa dalam belajar amat sangat tergantung dar diri pribadi siswa tersebut,karena apabla lingkungan telah mendukung,keluarga,tetangga,teman,bahkan pacar kalau itu juga ada,tetapi siswa itu sendiri malah malas-malasan dalam menuntut ilmu,maka masukan dari sudut manapun tidak akan berdampak besar terhadap sukses atau tidaknya siswa,seperti,mengharapkan ayam gemuk dan di suruh makan ,tetapi ayam tetap tidak mau makan sekalipun telah di beri makanan bernutrisi tinggi,yang bisa membuat ayam gemuk dan sehat,tetapi percuma saja,mau makanan semahal dan sesehat apapun tidak akan berdampak apabila tidak dim akan oleh ayam,jadi,maka dari ada itu,potensi dari diri pribadi adalah faktor yang sangat penting dalam penentuan sukses atau tidaknya siswa dalam meraih prestasi  belajar,maka dari pada itu,kita sebagai siswa yang nantinya akan menjadi orang tua juga,harus bisa memanfaatkan potensi,dukungan dan lingkungan yang kita punya,agar kita dapat meraih prestasi yang setnggi-tingginya dan memuaskan,sehingga kita tidak akan menyesal nantinya.































MAKALAH
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN DALAM BELAJAR
Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah:
MPAI

Di susun oleh:
Mulyadi
Andi supriatna
Nasan
Heriansyah

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
MUHAMMADIYAH BANDUNG
2010/2011

KATA PENGANTAR

          Segala puji hanya allah bagi allah kami memuji memohon perlindungan dan pertolongan serta ampunan kepadanya,kami berlindung dari keburukan diri kami nan amal-amal kami ,siapa yang di beri petunjuk oleh allah,maka tidak ada seorangpun yang dapat menyesatkannya,dan siapa yang di sesatkan oleh allah,maka tak seorang pun yang dapat memberi petunjuk padanya,aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain allah,dan aku bersaksi bahwa muhamad adalah hamba dan rosulnya.
           Shalawat serta salam,semoga senantiasa tercurah kepada panutan umat mulia, nabi muhamad saw. Juga kepada karib kerabat ,para sahabat,dan para pengikutnya yang senatiasa istiqomah berjuang menegakkan syariat islam.
Dengan kerendahan hati saya coba untuk mengutip dari berbagai referensi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam belajar yang mana hal itu sangat penting bagi kita untuk mengtahui dan memahami apa-apa saja yang menjadi faktor keberhasilan dan kegagalan dalam belajar
            Secara etimologi peserta didik adalah anak didik yang mendapat pengajaran ilmu. Secara terminologi peserta didik adalah anak didik atau individu yang mengalami perubahan, perkembangan sehingga masih memerlukan bimbingan dan arahan dalam membentuk kepribadian serta  sebagai bagian dari struktural proses pendidikan. Dengan kata lain peserta didik adalah seorang individu yang tengah mengalami fase perkembangan atau pertumbuhan baik dari segi fisik dan mental maupun fikiran.
              Sebagai individu yang tengah mengalami fase perkembangan, tentu peserta didik tersebut masih banyak memerlukan bantuan, bimbingan dan arahan untuk menuju kesempurnaan. Hal ini dapat dicontohkan ketika seorang peserta didik berada pada usia balita seorang selalu banyak mendapat bantuan dari orang tua ataupun saudara yang lebih tua. Dengan demikina dapat di simpulkan bahwa peserta didik merupakan barang mentah (raw material) yang harus diolah dan bentuk sehingga menjadi suatu produk pendidikan.
           Namun demikian,saya tetap menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih terdapat kekurangan yang mungkin tidak di sadari.oleh karena itu masukan-masukan yang positif dan berharga diri dari pihak-pihak yang kompeten,sangat saya harapkan.
           Akhirnya,mudah-mudahan makalah ini dapat memberikan kemudahan bagi para mahasiswa/wi dan para penikmat pembaca lainnya dapat mempelajari dan mengamalkan ilmu yang telah di transfer dan di serap oleh kita semua sebagaimana yang di contohkan oleh nabi muhamad saw.semoga makalah ini dapat menjadi amal jariyah bagi penulis dalam kehidupan yang serba fana ini
Amin ya robal alamiin....................

Bandung 20’oktober,2011
Kesimpulan

                      Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam belajar itu terdiri dari beberapa faktor yaitu, faktor internal yang meliputi ; faktor biologis ( jasmaniyah ) dan yang perlu di perhatikan adalah kondsi fisik yang normal atau tidak memilk cacat sejak dalam kandungan sampai sesudah lahir,kondisi fisik ini terutama harus meliputi keadaan otak,panca indra,anggota tubuh,serta kondis kesehatan fsk,konds fisik yang sehat dan segar sangat memengaruhi keberhasilan belajar ,di dalam menjaga kesehatan fsk,ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yaitu,pola amakan dan minum yang teraatur,orah raga ,dan tidur yang cukup.fakor psikologis ini meliputi segala hal yang berkaitan dengan kondisi mental seseorang,kondisi mental yang data menunjang keberhasilan belajar adalah kondisi mental yang mantap dan stabil,faktor ini meliputi bebraa hal yaitu intelegensi (tingkat kecerdasan dasar) ,kemauan yang keras,bakat(skill),yang kedua faktor eksternal yang meliputi: faktor lingkungan keluarga,faktor lingkungan sekolah,faktor lingkungan masyarakat.
                    Sedangkan faktor-faktor penunjang kegagalan dalam belajar ada berbaga macam faktor enunjang kegagalan belajar pada siswa,diantaranya adalah bertambahnya usia,tumbuhnya rasa suka dan cinta,coba-coba,lingkungan,faktor diri pribadi.
Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut di harapkan dapat meningkatkan hasil belajar seseorang dan dapat mencegah siswa dari penyebab-penyebab terhambatnya pembelajaran.








Daftar pustaka

Thursan hakim,belajar secara efektif ( Jakarta : puspa swara,2005)H.12
Slameto,belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya ( Jakarta : Rineka cipta,2003)H.64
                                                                                                                                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar