Faktor-faktor
yang mempengaruhi hasil belajar
A. Faktor
internal
1.
Faktor biologis ( jasmaniah)
Keadaan
jasmani yang perlu diperhatikan:
a.
kondisi fisik yang normal atau tidak memiliki cacat
sejak dalam kandungan sampai sesudah lahir ,kondisi fisik normal ini terutama
harus meliuti keadaan otak,panca indra,anggota tubuh,
b.
kondisi kesehatan fisik ,kondisi fisik yang sehat dan segar sangat mempengaruhi
keberhasilan dalam belajar ,di dalam menjaga kesehatan fisik ada beberapa hal
yang perlu di perhatikan anatara lain; pola makan dan minum yang teratur,orah
raga serta istirahat (tidur ) yang cukup.
2.
faktor psikologis
faktor
psikologis yang mempengaruhi berhasilan dalam belajar ini meliputi segala hal
yang berkaitan dengan kondisi mental seseorang.kondisi mental yang dapat
menunjang keberhasilan belajar adalah kondisi mental yang mantap dan stabil.
Faktor psikologis ini meliputi beberapa hal berikut:
a.
intelegensi
intelegensi
atau tingkat kecerdasan dasar seseorang memang berpengaruh besar terhadap
keberhasilan belajar seseorang.
b.
Kemauan
Kemauan
dapat dikatakan faktor utama penentu
keberhasilan belajar seseorang.
c.
Bakat
Bakat ini bukan
menentukan mampu tidanya seseorang di dalam suatu bidang,melainkan lebih banyak
menentukan tinggi rendahnya kemampuan seseorang dalam suatu bidang
B. Faktor
eksternal
1.
Faktor lingkungan keluarga
Faktor
lingkungan rumah atau keluarga merupakan
lingkungan pertama dan utama pula dalam mementukan keberhasilan belajar
seseorang.suasana lingkungan rumah yang cukup tenang,adanya perhatian orang tua
terhadap perkembangan proses belajar dan pendidikan anak-anaknya maka akan
mempengaruhi keberhasilan belajarnya.
2.
Faktor lingkungan sekolah
Lingkungan
sekolah sangat di perlukan untuk menentukan keberhaslan belajar siswa.hal yang
paling mempengaruhi keberhasilan belajar para siswa di sekolah mencakup metode
mengajar,kurikulum,relasi,guru dengan siswa,relasi siswa dengan siswa,pelajaran,waktu
sekolah,tata tertib atau disiplin yang ditegakan secara konsekuen dan
konsisten.
3.
Faktor lingkungan masyarakat
Seorang
siswa hendaknya dapat memilih lingkungan
masyarakat yang dapat menunjang keberhasilan belajar. Masyarakat merupakan
faktor ekstern yang juga berpengaruh terhadap belajar siswa karena
keberadaannya dalam masyarakat.lingkungan yang dapat menunjang keberhasilan
belajar di antaranya adalah ,lembaga-lembaga pendidikan nonformal,seperti
kursus bahasa asing,bimbingan tes,private,pengajian remaja,dan lain-lain.
FAKTOR-
FAKTOR PENUNJANG KEGAGALAN DALAM BELAJAR
Faktor-
faktor penunjang kegagalan dalam belajar
Ada
berbagai macam faktor penunjang
kegagalan belajar ada siswa,di antaranya:
a. Bertambahnya
usia
Seiring dengan bertambahnya
usia,siswa mempunyai pola pikir yang
berkembang ,pola pikir yang labil dan
stabil,beruntung bagi mereka yang mempunyai pola pikir stabil,mereka masih bisa
mengontrol keadaan mereka,tetapi bagi siswa yang mempunyai pola pikir labil
mereka tidak bisa mengontrol pola pikir mereka yang masih berkembang,sehingga
mereka tdak bisa membedakan antara yang salah dengan yang benar.
b. Tumbuhnya
rasa suka dan cinta
Seiring dengan bertambahnya
usia,maka timbul secara perlahan rasa suka dan tertarik kepada lawan jenis,di
awali dengan rasa ingin melihatnya ,mendekatinya,dan lama-lama ingin bersama
dengannya,apabila rasa ni berkembang tanpa bimbingan yang jelas dari orang
tua,maka siswa bisa saja terganggu ketika sedang mengikuti pelajaran ,karena
siswa selalu teringat kepada lawan jenisnya itu,pikiran itu mengganggu
konsentrasi belajar siswa,mereka tdak focus akan pelajaran yang di sampakan
oleh guru mereka,karena pikiran mereka telah terbagi antara pelajaran dengan perhatian terhadap
lawan jenisnya.
c. Coba-coba
Faktor ini yang perlu di waspadai
dan mendapat perhatian lebih dari ada orang tua,karena faktor ini dapat
bersifat positif ataupun negative,
Positifnya, adalah apabila siswa
mencoba sesuatu hal yang baru dengan cara yang baik,misalnya: mencoba brermain
music secara otodidak,belajar bersama teman-teman secara berkelompok,dan masih
banyak lainnya.
Negatifnya adalah apabila siswa
mencoba melakukan hal baru tanpa di damping dengan ilmu yang pasti,misalnya:
mengikuti teman-teman yang bolas sekolah dengan alasan ingin di anggap
gaul,berkelahi karena ingin dianggap hebat dan kuat,dan masih banyak lainnya.
d. Lingkungan
Faktor lingkungan sangat
berpengaruh kepada sukses atau tidaknya siswa dalam belajar
Lingkungan keluarga adalah
lingkungan terdekat dari siswa,apabila siswa telah mendapat motivasi dari
keluarga untuk belajar,tapi lingkungan sekitar tidak mendukung,maka kegiatan
belajar siswa akan terhambat,misalnya: siswa yang telah di ajarkan tatakrama
oleh keluarga,tetapi di lingkungan sekitarnya tidak mendukung tatakrama yang telah di terapkan oleh keluarga,seperti
berbicara kasar,tidak menghargai sesama tetangga,selalu mengajak siswa bermain saat
siswa akan mulai belajar,sehingga konsentrasi siswa terganggu saat terjun
kelingkungan sekirtarnya.
Lingkungan sekolah adalah
lingkungan yang didalamnya berisi beragam karakter setiap orang yang berkumpul menjadi satu ,ada
akarakter yang mendukung dalam proses
belajar mengajar,dan ada juga yang malah menghambat proses belajar
mengajar siswa,misalnya : guru menyuruh siswa untuk belajar dan mengerjakan
tugas selama guru itu rapat,tetapi siswa yang lain malah mengajak siswa itu
untuk jajan ke kantin,belanja ke supermarket menjahili teman –teman yang
lain,sehingga proses pembelajaran siswa terhambat.
e. Faktor diri
pribadi
Sukses atau tidaknya siswa dalam
belajar amat sangat tergantung dar diri pribadi siswa tersebut,karena apabla
lingkungan telah mendukung,keluarga,tetangga,teman,bahkan pacar kalau itu juga
ada,tetapi siswa itu sendiri malah malas-malasan dalam menuntut ilmu,maka
masukan dari sudut manapun tidak akan berdampak besar terhadap sukses atau
tidaknya siswa,seperti,mengharapkan ayam gemuk dan di suruh makan ,tetapi ayam
tetap tidak mau makan sekalipun telah di beri makanan bernutrisi tinggi,yang
bisa membuat ayam gemuk dan sehat,tetapi percuma saja,mau makanan semahal dan
sesehat apapun tidak akan berdampak apabila tidak dim akan oleh ayam,jadi,maka
dari ada itu,potensi dari diri pribadi adalah faktor yang sangat penting dalam
penentuan sukses atau tidaknya siswa dalam meraih prestasi belajar,maka dari pada itu,kita sebagai siswa
yang nantinya akan menjadi orang tua juga,harus bisa memanfaatkan
potensi,dukungan dan lingkungan yang kita punya,agar kita dapat meraih prestasi
yang setnggi-tingginya dan memuaskan,sehingga kita tidak akan menyesal
nantinya.
MAKALAH
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN
DALAM BELAJAR
Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah:
MPAI
Di susun oleh:
Mulyadi
Andi supriatna
Nasan
Heriansyah
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
MUHAMMADIYAH BANDUNG
2010/2011
KATA PENGANTAR
Segala puji hanya allah bagi allah kami memuji memohon perlindungan dan
pertolongan serta ampunan kepadanya,kami berlindung dari keburukan diri kami
nan amal-amal kami ,siapa yang di beri petunjuk oleh allah,maka tidak ada
seorangpun yang dapat menyesatkannya,dan siapa yang di sesatkan oleh allah,maka
tak seorang pun yang dapat memberi petunjuk padanya,aku bersaksi bahwa tiada
tuhan selain allah,dan aku bersaksi bahwa muhamad adalah hamba dan rosulnya.
Shalawat serta salam,semoga
senantiasa tercurah kepada panutan umat mulia, nabi muhamad saw. Juga kepada
karib kerabat ,para sahabat,dan para pengikutnya yang senatiasa istiqomah
berjuang menegakkan syariat islam.
Dengan kerendahan hati saya coba untuk
mengutip dari berbagai referensi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi
keberhasilan dan kegagalan dalam belajar yang mana hal itu sangat penting bagi
kita untuk mengtahui dan memahami apa-apa saja yang menjadi faktor keberhasilan
dan kegagalan dalam belajar
Secara etimologi peserta didik adalah anak didik yang mendapat pengajaran ilmu.
Secara terminologi peserta didik adalah anak didik atau individu yang mengalami
perubahan, perkembangan sehingga masih memerlukan bimbingan dan arahan dalam
membentuk kepribadian serta sebagai bagian dari struktural proses
pendidikan. Dengan kata lain peserta didik adalah seorang individu yang tengah
mengalami fase perkembangan atau pertumbuhan baik dari segi fisik dan mental
maupun fikiran.
Sebagai individu yang tengah
mengalami fase perkembangan, tentu peserta didik tersebut masih banyak
memerlukan bantuan, bimbingan dan arahan untuk menuju kesempurnaan. Hal ini
dapat dicontohkan ketika seorang peserta didik berada pada usia balita seorang
selalu banyak mendapat bantuan dari orang tua ataupun saudara yang lebih tua.
Dengan demikina dapat di simpulkan bahwa peserta didik merupakan barang mentah
(raw material) yang harus diolah dan bentuk sehingga menjadi suatu produk
pendidikan.
Namun demikian,saya tetap menyadari
bahwa dalam penyusunan makalah ini masih terdapat kekurangan yang mungkin tidak
di sadari.oleh karena itu masukan-masukan yang positif dan berharga diri dari
pihak-pihak yang kompeten,sangat saya harapkan.
Akhirnya,mudah-mudahan makalah ini
dapat memberikan kemudahan bagi para mahasiswa/wi dan para penikmat pembaca
lainnya dapat mempelajari dan mengamalkan ilmu yang telah di transfer dan di
serap oleh kita semua sebagaimana yang di contohkan oleh nabi muhamad
saw.semoga makalah ini dapat menjadi amal jariyah bagi penulis dalam kehidupan
yang serba fana ini
Amin ya robal
alamiin....................
Bandung 20’oktober,2011
Kesimpulan
Faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi keberhasilan dalam belajar itu terdiri dari beberapa faktor yaitu,
faktor internal yang meliputi ; faktor biologis ( jasmaniyah ) dan yang perlu
di perhatikan adalah kondsi fisik yang normal atau tidak memilk cacat sejak
dalam kandungan sampai sesudah lahir,kondisi fisik ini terutama harus meliputi
keadaan otak,panca indra,anggota tubuh,serta kondis kesehatan fsk,konds fisik
yang sehat dan segar sangat memengaruhi keberhasilan belajar ,di dalam menjaga
kesehatan fsk,ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yaitu,pola amakan dan
minum yang teraatur,orah raga ,dan tidur yang cukup.fakor psikologis ini
meliputi segala hal yang berkaitan dengan kondisi mental seseorang,kondisi
mental yang data menunjang keberhasilan belajar adalah kondisi mental yang
mantap dan stabil,faktor ini meliputi bebraa hal yaitu intelegensi (tingkat
kecerdasan dasar) ,kemauan yang keras,bakat(skill),yang kedua faktor eksternal
yang meliputi: faktor lingkungan keluarga,faktor lingkungan sekolah,faktor
lingkungan masyarakat.
Sedangkan faktor-faktor
penunjang kegagalan dalam belajar ada berbaga macam faktor enunjang kegagalan
belajar pada siswa,diantaranya adalah bertambahnya usia,tumbuhnya rasa suka dan
cinta,coba-coba,lingkungan,faktor diri pribadi.
Dengan
memperhatikan faktor-faktor tersebut di harapkan dapat meningkatkan hasil
belajar seseorang dan dapat mencegah siswa dari penyebab-penyebab terhambatnya
pembelajaran.
Daftar
pustaka
Thursan
hakim,belajar secara efektif ( Jakarta : puspa swara,2005)H.12
Slameto,belajar
dan faktor-faktor yang mempengaruhinya ( Jakarta : Rineka cipta,2003)H.64
Tidak ada komentar:
Posting Komentar