Selasa, 22 Mei 2012

Standar Kependidikan dan tenaga kependidikan


  STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 


1.  Guru memiliki kualifikasi akademik minimum. 


A.     Sebanyak 76% — 100% guru berpendidikan minimum S1/D-


IV PGSD/PGMI 



      B.  Sebanyak 51% — 75% guru berpendidikan  minimum S1/D-

  IV PGSD/PGMI



      C.  Sebanyak 76% — 100%  guru berpendidikan setingkat DII

PGSD/PGMI



      D.  Sebanyak 51% — 75% guru berpendidikan setingkat DII

PGSD/PGMI



      E.  Kurang dari 51% guru berpendidikan setingkat atau di bawah

DII PGSD/PGMI



 2.  Guru agama, guru pendidikan jasmani, dan guru kesenian mengajar

sesuai dengan latar belakang pendidikannya.



   A.  Ketiga mata pelajaran diajarkan oleh guru yang sesuai

dengan latar belakang pendidikannya



   B.  Hanya 2 mata pelajaran diajarkan oleh guru yang sesuai

dengan latar belakang pendidikannya



   C.  Hanya 1 mata pelajaran diajarkan oleh guru yang sesuai

dengan latar belakang pendidikannya



   D.  Tidak ada guru yang sesuai dengan mata pelajaran, tetapi

diajarkan oleh tenaga dari institusi lain yang relevan. 

                  E.  Ketiga mata pelajaran diajarkan oleh guru kelas



 3.  Guru memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip

pembelajaran. 



   A.  Sebanyak 76% — 100% guru memiliki kompetensi pedagogik

sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran



   B.  Sebanyak 51% — 75%  guru memiliki kompetensi pedagogik

sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran



   C.  Sebanyak 26% — 50% guru memiliki kompetensi pedagogik

sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran



   D.  Sebanyak 1% — 25% guru memiliki kompetensi pedagogik

sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran



   E.  Tidak ada guru yang memiliki kompetensi pedagogik sesuai

dengan prinsip-prinsip pembelajaran






 

 4.  Guru memiliki kompetensi kepribadian sebagai agen pembelajaran.

    A.  Sebanyak 76% — 100% guru memiliki kompetensi

kepribadian

    B.  Sebanyak 51% — 75% guru memiliki kompeten si kepribadian

    C.  Sebanyak 26% — 50% guru memiliki kompetensi kepribadian

    D.  Sebanyak 1% — 25% guru memiliki kompetensi kepribadian

    E.  Tidak ada guru yang memiliki kompetensi kepribadian



5.  Guru berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama

pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.



A. Adanya dialog dalam rapat dewan guru, rapat antara guru
     dan kepala sekolah/madrasah, guru dan komite
     sekolah/madrasah, serta pertemuan antara guru dan
     orangtua siswa

   



B. Adanya dialog dalam rapat dewan guru, rapat antara guru
    dan kepala sekolah/madrasah, serta guru dan komite
    sekolah/madrasah

   

    C.  Adanya dialog dalam rapat dewan guru serta rapat antara

guru dan kepala sekolah/madrasah

    D.  Adanya dialog dalam rapat dewan guru

    E.  Tidak pernah diadakan rapat



 6.  Guru memiliki kesehatan jasmani dan rohani untuk menjalankan tugas

mengajar dan tugas lainnya.



   A.  Rata-rata kehadiran guru 96% — 100% untuk menjalankan

     tugas mengajar dan tugas lainnya



   B.  Rata-rata kehadiran guru 91% — 95% untuk menjalankan

     tugas mengajar dan tugas lainnya



   C.  Rata-rata kehadiran guru 86% — 90% untuk menjalankan

tugas mengajar dan tugas lainnya



   D.  Rata-rata kehadiran guru 81% — 85% untuk menjalankan

    tugas mengajar dan tugas lainnya



   E.  Rata-rata kehadiran guru kurang dari 81% untuk menjalankan

tugas mengajar dan tugas lainnya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar